Sunday, March 26, 2023

Satu Hari di Kota Solo, ke Mana Aja Sih??? | Ide Trip Singkat di Kota Solo

               Kalau kamu hanya punya satu hari untuk jalan-jalan di Kota Solo, tempat-tempat berikut ini bisa menjadi alternatif tujuan yang menarik, lho! Kamu bisa eksplor Kota Solo seharian dengan naik Bus Batik Solo Trans (BST) atau dengan jalan kaki dari satu tempat wisata ke tempat wisata yang lain. Nah, berikut tempat-tempat menarik yang bisa kamu kunjungi dalam satu hari di Kota Solo.

1. Soto Gading 1

Sebelum mulai jalan-jalan, ada baiknya kamu sarapan dulu, ya! Soto Gading 1 memang cukup terkenal sebagai rekomendasi kuliner di Kota Solo. Meskipun bukan makanan khas Kota Solo, kamu wajib banget mampir ke sini. Dari Stasiun Balapan Solo, kamu bisa naik Bus BST nomor K6S sampai di Pasar Harjodaksino lalu dilanjutkan dengan jalan kaki sekitar 800 meter, kira-kira 10 menit perjalanan. Cukup dengan membayar Rp3.700,00 kamu bisa menikmati perjalanan yang menyenangkan dengan Bus BST, lho!

(Soto Campur Lengkap dan Teh Panas)

Di Soto Gading 1, kamu bisa menikmati Soto hangat yang kaya dengan rasa rempah-rempahnya. Uniknya, kamu nggak perlu khawatir bakal antre untuk mendapatkan pesananmu meskipun pengunjung sedang padat karena stok menu di sini sudah disiapkan memenuhi meja pesanan. Eits! Tapi tenang saja, makananmu akan tetap fresh dan hangat saat disajikan.

2. Alun-Alun Selatan

(Kebo Bule Alun-Alun Selatan Surakarta)

Alun-Alun Selatan Surakarta bisa dicapai dengan jalan kaki ke arah utara sejauh 550 meter atau sekitar 7 menit saja dari Soto Gading 1. Di sana kamu bisa melihat kerbau bule yang merupakan salah satu pusaka penting milik Keraton Surakarta. Kamu juga bisa berinteraksi dengan memberinya makan dengan kangkung yang dijual di area kandang. Kalau malam hari, tempat ini juga menjadi pusat keramaian dengan berbagai wahana permainan dan jajanan yang disajikan.

3. Keraton Surakarta Hadiningrat

Setelah melihat Alun-Alun Selatan, kamu bisa mengunjungi Keraton Surakarta Hadiningrat. Jaraknya 850 meter atau sekitar 11 menit jika ditempuh jalan kaki dari Alun-Alun Selatan. Keraton Surakarta tentunya menjadi destinasi yang wajib banget masuk list kunjungan kamu. Selain berwisata, kamu bisa belajar sejarah, mendapatkan ilmu baru, dan merasakan pengalaman seru melihat kehidupan di keraton.

(Tiket Masuk Keraton Surakarta)

Cukup dengan Rp15.000,00 per orang, kamu sudah bisa memasuki area keraton ditemani tour guide profesional yang akan memandumu dan memberi penjelasan tentang banyak hal terkait Keraton Surakarta Hadiningrat, sejarah, maupun kehidupan di dalamnya.

Di sekitar area keraton, kamu juga bisa menemukan persewaan skuter, penjual jajanan tradisional, penjual aksesori, dan penjual mainan tradisional. Menarik banget, kan?

4. Pasar Klewer

(Lukisan di Dinding Pasar Klewer)

Durung neng Solo nek rung neng Klewer” (belum ke Solo kalau belum ke Pasar Klewer) adalah sebuah lukisan mural di dinding Pasar Klewer, Solo. Lukisan tersebut memuat tulisan yang menggambarkan betapa pentingnya Pasar Klewer sebagai salah satu ikon pariwisata di Kota Solo. Pasar Klewer sangat terkenal sebagai salah satu destinasi wajib yang harus dikunjungi ketika jalan-jalan ke Solo. Pasar ini merupakan pasar tekstil terbesar Kota Solo yang letaknya berada di sebelah barat Gapura Keraton Surakarta. Jadi, dari Keraton Surakarta kamu tinggal jalan kaki saja untuk menuju ke sana. Kamu bisa mendapatkan berbagai kain dan baju batik dengan harga yang murah meriah. Cocok buat oleh-oleh!

5. Masjid Agung Keraton Surakarta

Masjid Agung Keraton Surakarta merupakan situs sejarah Islam peninggalan Kerajaan Mataram yang masih berfungsi sampai saat ini. Selain untuk beribadah dan wisata religi, berkunjung ke sini juga bisa menjadi alternatif wisata sejarah yang menarik. Kamu bisa datang dan melihat bangunan masjid yang unik dan sarat dengan makna pada setiap bagian-bagian bangunannya. Lokasi masjid ini hanya bersebelahan dengan Pasar Klewer. Jadi, kamu wajib banget mampir, ya!

(Masjid Agung Keraton Surakarta)

               Nah, itulah serangkaian tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi dalam satu hari ketika berwisata ke Solo. Membicarakan destinasi wisata di Kota Solo memang tidak akan pernah ada habisnya. Selain 5 destinasi di atas, masih ada banyak tempat menarik yang bisa kamu kunjungi saat jalan-jalan ke Kota Solo. Selengkapnya, kita bahas di part selanjutnya, ya! Happy travelling!

 





1 comment:

Adsaraku